-->

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel Tanpa Rumus Ribet

Bisakah merubah huruf kecil menjadi besar secara otomatis di Microsoft Excel?

Tentu saja sangat bisa sekali.

Mengubah huruf kecil menjadi besar/sebaliknya jika dalam microsoft word itu disebut dengan change case.

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel Tanpa Rumus Ribet


Hal ini sangat diperlukan terutama ketika kita sedang memasukkan data tertentu yang mengharuskan penulisannya harus huruf pertama besar, besar semua atau kecil semua.

Misalnya menuliskan nama orang, nama kota, tempat lahir dan lain sebagainya. Secara bahasa penulisan data tersebut diawali dengan menggunakan huruf besar.

Kan kita bisa menggunakan Caps lock?

Memang benar kita juga bisa memakai caps lock untuk membuat huruf kecil menjadi besar. Namun itu cara manual yang mengharuskan pengguna selalu menghidupkan dan mematikan caps lock untuk membuat huruf menjadi besar/kecil.

Aplikasi microsoft excel sebenarnya sudah memberikan fasilitas khusus untuk membuat sebuah kalimat dalam suat cell menjadi huruf depannya besar, besar semua atau kecil semua.

Lalu bagaimanakah caranya? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Cara ini bisa anda gunakan di microsoft excel versi manapun, baik di versi 2007, 2010, 2013 maupun 2016.

Sebagai contoh, anda bisa melihat gambar di atas. Saya di sini menggunakan microsoft excel 2016. Pada Cell B2, B3, B4, B5 saya telah membuat daftar nama dengan teks asli saya buat sedemikian rupa.

Kemudian pada kolom C saya ingin membuat teks tulisan menjadi besar semua, pada Kolom D saya ingin membuat teks menjadi kecil semua. Pada kolom E saya ingin membuat teks menjadi hurufnya besar di awal kata.


1. Membuat Teks Huruf Besar Semua


  • Arahkan Kursor ke Cell C2
  • Ketikkan =upper(cells dimaksud) dalam contoh ini saya masukkan =UPPER(B2)
  • Kemudian Enter
  • Copy hasilnya ke bawah


2. Membuat Teks Huruf Kecil Semua


  • Arahkan Kursor ke Cell C2
  • Ketikkan =lower(cells dimaksud) dalam contoh ini saya masukkan =LOWER(B2)
  • Kemudian Enter
  • Copy hasilnya ke bawah


3. Membuat Teks Huruf Besar Diawal Kata


  • Arahkan Kursor ke Cell C2
  • Ketikkan =proper(cells dimaksud) dalam contoh ini saya masukkan =PROPER(B2)
  • Kemudian Enter
  • Copy hasilnya ke bawah

Demikianlah materi mengenai Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel Tanpa Rumus Ribet yang bisa saya sampaikan.

0 Response to "Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel Tanpa Rumus Ribet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel